jump to navigation

Makan AGAR-AGAR bisa membuat Awet Muda…. July 31, 2008

Posted by sendalteklek in Kesehatan.
Tags:
trackback

Usia kronologis, yakni jumlah tahun yang Anda lalui sejak Anda dilahirkan, memang terus bergerak tanpa bisa dihambat. Namun usia biologis , yakni sisa waktu yang Anda miliki sampai meninggal, bisa diperpanjang dengan hal2 yang membuat sel-sel tubuh tetap dalam kondisi prima, antara lain lewat olahraga yang cukup, pikiran tenang, dan mengkomsumsi makanan sehat.
Berikut ini adalah strategi untuk memperpanjang usia biologis Anda melalui makanan.

BATASI??

Lemak
Kebutuhan kalori harian wanita dewasa adalah 35-45 kalori per kilogram berat badan, dan 25-30% senaiknya dipenuhi dari lemak. Misalnya untuk wanita berberat 55 kilogram dengan aktivitas normal, kebutuhan lemak harian 50-65 gram. Hal ini untuk mencegah naikya berat badan dan kondisi lain yang menyertai, seperti hipertensi dan kolesterol tinggi. Porsi lemak terbesar sebaiknya dari lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun. Lalu lemak tak jenuh ganda seperti minyak biji bunga matahari, minyak kedelai, dan minyak kacang. Konsumsi sesedikit mungkin lemak jenuh dari biskuit, cake, mentega, serta minyak untuk menggoreng fastfood.

Garam
Garam adalah salah satu penyebab tekanan darah tinngi. Konsumsi garam cukup satu sendok the saja dalam sehari. Jumlah ini sudah mencukupi kebutuhan garam tubuh. Hindari fastfood dan camilan kemasan yang biasanya mengandung kadar garam cukup tinggi.

Makanan Bergula
Batasi sedikit mungkin biskuit, cake, kue-kue, dan minuman bergula. Gula sederhana seperti gula pasir tidak baik untuk kesehatan gigi dan cepat meningkatkan kadar gula darah. Ganti dengan makanan dari biji-bijian yang belum dibuang kulit arinya, seperti nasi dari beras merah, jagung, oatmeal, atau roti dari biji gandum. Makanan ini kaya akan karbohidrat kompleks yang dicerna tubuhdengan lambat, sehingga memberikan energi secara bertahap dan tidak cepat meningkatkan kadar gula darah. Makanan tersebut juga kaya serat, sumber makanan bagi bakteri baik.
Namun tak perlu menghilangkan gula samam sekali dari makanan. Rasa manis diperlukan untuk mempertahankan selera makan.

Daging
Hindari terlalu banyak makan daging ternak, terutama yang mengandung lemak. Pilihan yang baikadalah daging unggas dan ikan, serta kacang-kacangan dan biji-bijian. Lemak jenuh dan kolesterol dalam daging ternak lebih mudah menaikkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan risiko hipertensi. Kebutuhan protein harian adalah 0,8 gram per kilogram berat badan. Perbandingan protein nabati dan hewani yang Anda konsumsi sebainya 2 : 1.

PERBANYAK….

Fitonutrien
Fitonutrien merupakan senyawa dalam makanan nabati yang tidak punya nilai gizi, namun dapat melindungi tubuh dari penyakit. Fitonutrien bersifat antioksidan, membantu vitamin, mineral, dan serat, untuk berfungsi optimal. Kedelai, sereal utuh, kacang-kacangan, buah, sayuran merupakan sumber fitonutrien yang baik. Semangkuk sayuran bisa mengandung lebih dari 100 jenis fitonutrien.

Fitoestrogen
Fitoestrogen adalah senyawa mirip estrogen ?hormon seks wanita- yang ada dalam kacang-kacangan, polong-polongan, dan sereal. Senyawa ini dapat memperlambat datangnay menopause, mencegah osteoporosis, serta menguarngi risiko penyakit jantung dan kanker payudara.

Serat
Lagi-lagi serat. Serat adalah bagian dari seperti biji-bijian, buah, atau sayuran, yang tak bisa dicerna tubuh. Namun di usus besar, serat merupakan makanan bagi bakteri baik. Serat juga menurunkan kolesterol serta mencegahsembelit dan kanker usus besar. Kebutuhan serat harian yang disarankan sekitar 35 gram.

Antioksidan
Antioksidan mengurangi dampak negatif radikal bebas terhadap sel-sel tubuh, misalnya kulit keriput. Sumber utama antioksidan adalah vitamin C ( buah dan sayur ), vitamin E ( minyak inti biji gandum, minyak zaitun, kacang-kacangan), dan beta-karoten (wortel, jeruk, tomat serta buah dan sayuran berwarna hijau). Antiokasiadan lain adalah selenium ( biji-bijian utuh ), dan seng ( seafood ).

Buah dan Sayur
Kita dianjurkan makan 5-7 porsi buah atau sayur setiap hari. Satu porsi setara denagn segelas potongan buah atau sayur. Selain sumber serat dan fitoestrogen, bta-karoten ( provitamin A ) dan vitamin C dalam buah dan sayurmemperkuat kekebalan tubuh dan mencegah flu. Vitamin E memperkuat dinding pembuluh darah kapiler dan menceaghnya agar tidak pecah. Buah juga bagus untuk camilan.

Ikan Berlemak Tinggi
Ikan berlemak tinggi seperti salmon, sarden, lemuru, mackerel, dan tuna bisa menjadi pengganti daging ternak. Meski berlemak tinggi, jenisnya adalah lemak yang baik, yakni EPA(Asam eikosapentanoat) dan DHA ( Asam dokosaheksanoat ) ,dari kelompok Omega-3. Lemak ini menjaga kesehatan mata, mencegah penyakitjantung, stroke, diabetes tipe 2, serta rematik. Tapi jangan mengkomsumsi ikan kalengan karena tidak mengandung Omega-3 lagi.

Asam Folat
Asam folat dapat mencegah anemia, menurunkan kekentalan darah-sehingga tak mudah menyumbat pembuluh darah serta menurunkan kadar homosistein. Homosistein adalah asam amino yang dihasilkan oleh tubuh, yang jika berkadar tinggi dalam darah membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit jantung dan stroke. Asam folat banyak ditemukan dalam kedelai, kacang-kacangan, sayuran hijau, roti, dan biji gandum utuh, dan sereal.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: